Minggu, Januari 13, 2013

Mengikuti Sunnah : Jenggot

Posted by Unknown On Minggu, Januari 13, 2013
Assalamu'alaykum...

Syari'at islam merupakan syari'at yang sangat cocok bagi umat manusia, semenjak diutsnya nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam- hingga hari kiamat. Hal ini dikarenakan syari'at ini diturunkan oleh Allah -subhanahu wa ta'ala-. Dia yang menciptakan, Menghidupkan, mematikan dan Maha berkuasa. Maka, syari'at yang datang dari Allah ini, merupakan syari'at yang lengkap.

Syari'at ini pula, dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita. Pastinya jika demikian, maka harus ada contoh. Karena itu Allah menjadikan Rasulullah-shallallahu 'alaihi wa sallam- sebagai contoh dan panutan kita. Maka sudah sepantasnya jika kita mengaku muslim, untuk mencontoh beliau dalam segala aspek kehidupan, mulai dario yang kecil, hingga yang besar, mulai urusan diri sendiri, samapai urusan negara.

Nah, kalau begitu mari kita mulai meneladani rosul dari hal-hal yang kecil. Kami disini mengangkat masalah tentang memelihara jenggot.

Kisaah keutamaan yang kami muat disini, berdasarkan hadits-hadits shahih dari Nabi-shallallahu 'alaihi wa sallam-

1. Rosul-shallallahu 'alaihi wa sallam- memiliki jenggot lebat
Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- dulu telah muncul sedikit uban di bagian depan rambut kepala dan jenggotnya. Jika beliau meminyaki rambutnya, uban itu tidak tampak, tapi jika rambutnya kering, uban itu tampak. Dan beliau adalah seorang yang banyak rambut jenggotnya. (HR. Muslim)

2. Dengan jenggot beliau yang lebat, maka para sahabat mengetahui tanda bacaan beliau ketika shalat
Abu Ma’mar mengatakan: Aku bertanya kepada Khobbab ibnul Arot : “Apa Rosululloh dulu membaca ketika sholat Dhuhur dan Ashar?”. Khobbab menjawab: “Ya”. Kami bertanya lagi: “Dengan apa kalian tahu bacaan beliau?”. Khobbab menjawab: “Dengan pergerakan jenggotnya”. (HR. Bukhori)

3. Beliau selalu memberi harum-haruman pada jenggotnya
Aisyah mengatakan: aku dulu biasa memarfumi Nabi -shollallohu alaihi wasallam- dengan minyak terbaik yang ada, hingga aku melihat sisa-sisa parfum itu di (rambut) kepala dan jenggot beliau. (HR. Bukhori).

4. Jenggot beliau memiliki uban
Anas bin Malik pernah ditanya: Apakah Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- menyemir rambutnya? Anas menjawab: “Sungguh tidak ada uban yang terlihat pada beliau, kecuali hanya 17 atau 20 helai rambut saja, yakni di bagian depan jenggotnya. (HR. Ibnu Majah)

Nah, pembaca sekalian, bagaimana, Nabi saja yang merupakan manusia termulia memiliki jenggot, bagaimana dengan pembaca (tentunya laki-laki yah, mana ada perempuan yang berjenggot ^^)???

So, yang punya jenggot, jangan malu-malu yah untuk dipelihara, and keep your spirit.

Wassalamu'alaykum

0 komentar:

Blogger news


Blogroll

Yang sudah mengunjungi blog ini

web visitor statistics